Kamis, 22 Desember 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



                         Nama sekolah              : SMA N 1 PEKALONGAN
Mata Pelajaran            : Sosiologi
Kelas/semester            :  X I / 1          

Standar Kompetensi   : 1.  Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan
                                           mobilitas sosial.                                         
Kompetensi Dasar      : 1. 1. Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena
                                          kehidupan masyarakat.                                             
Indikator                :
·         Mendeskrispsikan stratifikasi sosial
·         Mengidentifikasi macam-macam kriteria stratifikasi sosial di masyarakat.
·         Mendeskripsikan berbagai pengaruh stratifikasi sosial yang terdapat di masyarakat.
·         Membedakan konsolidasi dan interseksi yang terjadi di dalam masyarakat.

Alokasi Waktu       :  6 x 45 menit (3 X Pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.    menjelaskan latar belakang timbulnya stratifikasi sosial
2.    menjelaskan dasar dan unsur-unsur stratifikasi sosial
3.    menjelaskan sifat dan fungsi stratifikasi sosial
4.    mengidentifikasi berbagai bentuk stratifikasi sosial
5.    membedakan berbagai pengaruh stratifikasi sosial berdasarkan, pengamatan atau kasus yang terdapat di masyarakat.
                               

B.     Materi Pembelajaran

1.      Hakikat Stratifikasi Sosial
2.      Wujud Stratifikasi Sosial
3.      Sistem Stratifikasi yang Pernah Ada di Indonesia
4.      Konsekuensi Stratifikasi Sosial

C.    Metode Pembelajaran

  1. kerja mandiri
  2. eksplorasi
  3. Diskusi
  4. ceramah

D.    Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan I
No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
b.      Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan struktur dan diferensiasi sosial.

c.       Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud pembelajaran tentang stratifikasi sosial.
d.      Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan gambaran tentang stratifikasi sosial yang ditampilkan oleh siswa di power point atau OHP.


2.
Kegiatan Inti
a.      Siswa memperhatikan beberapa gambar dalam buku.
b.      Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru tentang hakikat stratifikasi sosial.
c.      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hakikat stratifikasi sosial, dan wujud stratifikasi sosial.
d.      Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 28 dan 32.
e.      Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan pengaruh positif dan negatif akibat adanya stratifikasi sosial di Indonesia.
f.      Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertugas sebagai pemandu diskusi secara klasikal.
g.      Siswa dan guru menyimpulkan hasil diskusi secara bersama-sama.


3.
Kegiatan Akhir
a.       Siswa dan guru membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama.
b.      Siswa diberi tugas untuk membuat kliping tentang stratifikasi sosial dan membuat laporan tentang perbedaan prilaku di antara kelas-kelas sosial.




Pertemuan II

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.      Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan hakikat dan wujud stratifikasi sosial..
b.      Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud pembelajaran tentang sistem stratifikasi yang pernah ada di Indonesia dan konsekuensi stratifikasi sosial.
c.       Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan gambaran dari guru tentang sistem stratifikasi yang pernah ada di Indonesia dan konsekuensi stratifikasi sosial.


2.
Kegiatan Inti
a.      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang sistem stratifikasi yang pernah ada di Indonesia dan konsekuensi stratifikasi dalam masyarakat.
b.      Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi”
c.      Siswa membuat bagan stratifikasi sosial dalam masyarakat tempat tinggalnya.
d.      Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus yang ada dalam buku halaman 42-43.
e.      Siswa membacakan hasil diskusi di depan kelas. Guru menjadi pemandu diskusi secara klasikal.
f.      Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelompok.


3.
Kegiatan Akhir
a.      Siswa dan guru membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama.
b.      Siswa membuat tulisan tentang stratifikasi sosial dalam masyarakat.
c.      Siswa mempersiapkan diri untuk ulangan blok.


1 komentar:

  1. Play Baccarat online - Free Spins No Deposit UK 2021
    Read our guide to baccarat online at FEBCASINO. This 바카라 사이트 is an excellent casino to play in for free and have a good time with worrione no deposit required. Rating: 5 · 1xbet ‎Review by febcasino

    BalasHapus