Nama sekolah              : SMA N 1 PEKALONGAN
Mata Pelajaran            : Sosiologi
Kelas/semester            :  X I / 1           
Standar Kompetensi   : 1.  Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan 
                                           mobilitas sosial.                                          
Kompetensi Dasar       : 1. 1. Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena 
                                          kehidupan masyarakat.                                              
Indikator                : 
·         Mendeskrispsikan stratifikasi sosial
·         Mengidentifikasi macam-macam kriteria stratifikasi sosial di masyarakat.
·         Mendeskripsikan berbagai pengaruh stratifikasi sosial yang terdapat di masyarakat. 
·         Membedakan konsolidasi dan interseksi yang terjadi di dalam masyarakat. 
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.    menjelaskan latar belakang timbulnya stratifikasi sosial
2.    menjelaskan dasar dan unsur-unsur stratifikasi sosial
3.    menjelaskan sifat dan fungsi stratifikasi sosial
4.    mengidentifikasi berbagai bentuk stratifikasi sosial 
5.    membedakan berbagai pengaruh stratifikasi sosial berdasarkan, pengamatan atau kasus yang terdapat di masyarakat. 
B. Materi Pembelajaran
1.      Hakikat Stratifikasi Sosial
2.      Wujud Stratifikasi Sosial
3.      Sistem Stratifikasi yang Pernah Ada di Indonesia
4.      Konsekuensi Stratifikasi Sosial
C. Metode Pembelajaran
- kerja mandiri
 - eksplorasi
 - Diskusi
 - ceramah
 
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
No.  |    Kegiatan Pembelajaran |    Alokasi   Waktu  |    Keterangan  |   
1.     |    Pendahuluanb.        Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan   beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan struktur dan diferensiasi sosial. c.         Memotivasi Siswa mendengarkan maksud pembelajaran tentang stratifikasi sosial. d.        Rambu-rambu   belajar  Siswa memperhatikan gambaran tentang stratifikasi sosial yang ditampilkan   oleh siswa di power point atau OHP.  |    ||
2.  |    Kegiatan   Inti a.        Siswa memperhatikan beberapa gambar dalam buku. b.        Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru   tentang hakikat stratifikasi sosial. c.        Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hakikat   stratifikasi sosial, dan wujud stratifikasi sosial.  d.        Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam   buku halaman 28 dan 32.  e.        Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian   mendiskusikan pengaruh positif dan negatif akibat adanya stratifikasi sosial   di Indonesia.  f.        Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru   bertugas sebagai pemandu diskusi secara klasikal.  g.        Siswa dan guru menyimpulkan hasil diskusi secara   bersama-sama.   |    ||
3.     |    Kegiatan   Akhir a.         Siswa dan guru membuat rangkuman atas seluruh materi   yang telah dipelajari bersama. b.        Siswa diberi tugas untuk membuat kliping tentang   stratifikasi sosial dan membuat laporan tentang perbedaan prilaku di antara   kelas-kelas sosial.   |    
Pertemuan II
No.  |    Kegiatan Pembelajaran |    Alokasi   Waktu  |    Keterangan  |   
1.     |    Pendahuluana.        Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan   beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan hakikat dan wujud stratifikasi   sosial.. b.        Memotivasi Siswa mendengarkan maksud pembelajaran tentang sistem stratifikasi yang   pernah ada di Indonesia dan konsekuensi stratifikasi sosial. c.         Rambu-rambu   belajar  Siswa memperhatikan gambaran dari guru tentang sistem stratifikasi yang   pernah ada di Indonesia dan konsekuensi stratifikasi sosial.  |    ||
2.  |    Kegiatan   Inti a.        Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang sistem   stratifikasi yang pernah ada di Indonesia dan konsekuensi stratifikasi dalam   masyarakat.  b.        Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi”  c.        Siswa membuat bagan stratifikasi sosial dalam   masyarakat tempat tinggalnya.  d.        Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian   mendiskusikan kasus yang ada dalam buku halaman 42-43. e.        Siswa membacakan hasil diskusi di depan kelas. Guru   menjadi pemandu diskusi secara klasikal. f.        Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang hasil diskusi   kelompok.   |    ||
3.     |    Kegiatan   Akhir a.        Siswa dan guru membuat rangkuman atas seluruh materi   yang telah dipelajari bersama. b.        Siswa membuat tulisan tentang stratifikasi sosial dalam   masyarakat.  c.        Siswa mempersiapkan diri untuk ulangan blok.   |    

Play Baccarat online - Free Spins No Deposit UK 2021
BalasHapusRead our guide to baccarat online at FEBCASINO. This 바카라 사이트 is an excellent casino to play in for free and have a good time with worrione no deposit required. Rating: 5 · 1xbet Review by febcasino